#6 Pengantar Teknologi Informasi : Internet dan Keamanan Komputer

Sejarah Internet

Sejarah Internet dimulai dengan pengembangan komputer elektronik pada 1950-an. Awal konsep tentang jaringan paket berasal dari beberapa laboratorium ilmu komputer di Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis. Departemen Pertahanan Amerika memberikan kontrak pada awal 1960-an untuk sistem jaringan paket, termasuk pengembangan ARPANET (yang akan menjadi jaringan pertama yang menggunakan protokol internet).

Pesan pertama dikirim melalui ARPANET dari laboratorium Computer Sains Profesor Leonard Kleinrock di University of California, Los Angeles (UCLA) ke node jaringan kedua di Stanford Research Institute (SRI). Jaringan packet switching seperti ARPANET, Mark I di NPL di Inggris, CYCLADES, Merit Network, Tymnet, dan Telenet, telah dikembangkan pada akhir 1960-an dan awal 1970-an menggunakan berbagai protokol komunikasi. Khusus ARPANET telah menyebabkan pengembangan protokol untuk internetworking, protokol yang membuat beberapa jaringan yang terpisah bisa bergabung dalam satu
jaringan (jaringan dari jaringan).

Akses ke ARPANET diperluas pada tahun 1981 ketika National Science Foundation (NSF) didanai oleh Computer Science Network (CSNET). Pada tahun 1982, protokol internet TCP/IP diperkenalkan sebagai protokol jaringan standar pada ARPANET. Pada awal 1980-an NSF mendanai pendirian pusat superkomputer nasional di sejumlah perguruan tinggi, dan dengan proyek NSFNET memberikan interkonektivitas pada tahun 1986, yang juga menciptakan akses jaringan untuk organisasi penelitian dan pendidikan ke lokasi superkomputer di Amerika Serikat.

Internet Service Provider (ISP) mulai muncul pada akhir 1980-an. Pada tahun 1990 ARPANET dinonaktifkan, membuat koneksi pribadi ke internet oleh entitas komersial menjadi meluas dengan cepat. Kemudian pada tahun 1995 NSFNET dinonaktifkan juga, sehingga menghilangkan penghalang terakhir bagi penggunaan internet secara komersial.

Sejak pertengahan 1990-an, Internet telah membawa dampak revolusioner pada aspek budaya dan perdagangan, termasuk bangkitnya komunikasi instan melalui email, pesan instan, panggilan telepon voice over Internet Protocol (VoIP), panggilan video interaktif dua arah, dan World Wide Web dengan forum diskusinya, blog, jejaring sosial, dan situs belanja online.

Pengertian Internet

Internet adalah singkatan dari Interconnected Networking yang apabila diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian jaringan. Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung keseluruh dunia tanpa mengenal batas territorial, hukum dan budaya (Supardi, 2019).

Internet adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan banyak jaringan komputer dengan berbagai tip dan jenis dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya.

Internet dalam makna yang luas dan dijelaskan dalam makna yang global, pengertiannya adalah jaringan komputer yang ada diseluruh dunia yang mana semuanya saling berhubungan dengan memakai standar internet protocol suite sampai dapat mengakses informasi dan juga dapat bertukar informasi maupun data dengan satu sama lain.

Berdasarkan beberapa pendapat diatas, maka dapat disimpulkan bahwa internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dengan komputer-komputer diseluruh dunia melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi lainnya. Jika sebuah komputer sudah terhubung dengan internet, komputer tersebut sudah terkoneksi dengan komputer-komputer lainnya melalui jaringan kabel telepon, kabel dan satelit (Rustam, 2017).

Komponen-komponen Internet

www (word wide web)

Suatu ruang informasi di internet yang digunakan oleh pengenal global yang disebut dengan URL untuk mengenalai sumber daya yang berguna. WWW adalah sistem untuk mengirimkan dan menyebarkan data melalui jaringan internet pada skala yang besar, yakni seluruh penjuru di dunia.

WWW juga dapat diartikan sebagai sebuah nama yang diberikan agar semua bagian internet dapat diakses dengan sebuah software web browser. WWW juga sering disebut sebagai sebuah protokol di sebuah URL (Uniform Resource Locator). Sering pula disebut sebagai istilah untuk mengidentifikasikan sebuah media jaringan internet.

Setiap dokumen yang ditulis menggunakan suatu format standar yang disebut HTML (HyperText Markup Language). Dokumen yang ditransfer antar Web Server menggunakan suatu protokol yang disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol).

E-mail

Elektronik mail merupakan salah satu sarana untuk mengirim maupun menerima pesan dengan system digital melalui jaringan computer dan juga internet. Layanan Email sendiri digunakan untuk mengirimkan data, bisa dalam bentuk file teks, gambar, audio & video. Dengan menggunakan layanan email ini, aktifitas pengiriman data seperti misalnya surat menyurat jadi lebih mudah dan cepat dibandingkan
dengan mengirimkan surat secara manual.

Baca juga :  #4 Algoritma dan Pemrograman : Control Statement

Telnet

Telnet adalah suatu aplikasi program komunikasi interaktif dua arah berbasiskan protokol TCP/IP yang digunakan untuk simulasi terminal ke remote komputer dari lokal komputer atau Terminal Server dan dapat menikmati fungsi yang sama dengan terminal yang dihubungkan langsung ke komputer tersebut.

Perintah penulisan Telnet adalah telnet hostname atau telnet hostaddress. Hostname adalah nama DNS dari mesin komputer yang dituju sementara hostaddress adalah alamat internetnya (IP address). Jadi layanan telnet memungkinkan kita untuk melakukan remote login ke suatu komputer. Layanan telnet umumnya dimiliki oleh sistem operasi UNIX dan Linux.

FTP (file transfer protocol)

FTP adalah suatu aplikasi program yang merealisasikan konsep client-server antar host di internet atau semua host yang memakai protokol TCP (Transmition Control Protocol) sebagai transport-protokolnya. FTP menyajikan hubungan yang interaktif antara client dan server.

Kelebihan lainnya dalam hal sekuritas karena tidak semua client dapat mengakses FTP server sebab client harus punya otorisasi (username dan password) terlebih dulu untuk dapat mengakses semua file yang ada di FTP server. Saat ini banyak program yang berfungsi sebagai FTP client, seperti WS_FTP, Cute FTP, Windows Commander, dan lainnya. Pengiriman file dapat dilakukan dalam mode ASCII untuk file berbentuk text, atau mode binary untuk file yang berbentuk byte-stream, misalnya file gambar ( berekstention .jpg, .gif) dan sebagainya.

Mailing list

Mailing list atau dikenal sebagai milis adalah fasilitas dari internet yang dapat dimanfaatkan untuk berdiskusi atau saling bertukar informasi secara berkelompok melalui email. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Setiap anggota berlangganan dapat berpartisipasi di dalamnya.

Dalam sebuah milis, anggota tidak harus menerima email tiap kali ada yang mengirim ke milis. Biasanya, tergantung pada layanan yang diberikan oleh penyedia milis. Terdapat dua jenis milis dasar yang besar, yaitu milis internet dan milis jaringan Bitnet. Semua milis Bitnet kegiatan administrasinya diautomasi oleh software. komputer yang disebut LISTSERV (list server), yang mengatur secara otomatis untuk berlangganan ataupun berhenti berlangganan pada milisnya. Alamat milis pada dasarnya hanya sebuah fasilitator dalam forum diskusi, karena di dalam alamat milis terdapat data-data yang menampung alamat email masing-masing anggota milis.

Teknologi transmisi

Memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua mesin yang ada pada jaringan yang sama. Jarinagn point to poin terdiri dari beberapa hubungan pasangan individual dari mesin-mesin

Search Engine

Search engine atau mesin pencari adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang di desain untuk melakukan pencarian data atau informasi di world wide web (www). Hasil pencarian akan menampilkan serangkaian informasi yang bersumber dari website/blog tertentu, hasil pencarian ini sering disebut Search Engine Result Pages (SERPs).

Web page

Sekelompok data yang tampil di world wide web, informasi ini dapat dimunculkan dengan menyebutkan alamatnya yang dikenal dengan istilah URL (Uniform Resource Locator). Halaman web ini dibuat dalam suatu format standar HTML (Hypertext Mark-up Language) dimana dokumen HTML tersebut disimpan dalam suatu server. Sedangkan untuk menampilkan halaman tersebut digunakan web browser.

Web blog

Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web). Blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi.

Perangkat Keras untuk Akses Internet

Komputer

Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.

Modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan
penggabungan ke- dua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.

Baca juga :  #2 Struktur Data : Tipe Data

Saluran Telepon (Line Telepon), TV Kabel, ISDN, handphone

  • Saluran Telepon. (line Telepon)
    Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Saat ini, kita tidak harus mendaftar lagi ke ISP, misalnya dengan menggunakan paket Tel- komnet Instant yang secara langsung dapat melakukan akses internet.
  • TV Kabel
    Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel. Agar dapat menggunakan modem kabel, computer harus dilengkapi dengan ethernet (ethernet card). Layanan akses modem kabel dapat melalui jaringan TV Kabel dengan ISP di
    antaranya : cbn, indosat, linknet, centrin, dan mynet.
  • ISDN
    ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, serta merupakan transmisi system telepon analog ke system digital. Para pemakai ISDN diberikan keuntungan berupa fleksibilitas dan penghematan biaya, karena biaya untuk sistem yang terintegrasi ini akan jauh lebih murah apabila meng- gunakan sistem yang terpisah. Layanan ISDN disediakan oleh ISP yang disebut dengan NSP (Network Service Provider).
  • Satelit
    VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.
  • Handphone
    Protokol yang digunakan disebut WAP. Wireless Application Protocol disingkat WAP adalah sebuah protokol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks khusus.

Aspek-aspek Keamanan Komputer

Keamanan komputer adalah suatu cabang teknologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian atau korupsi, atau pemeliharaan ketersediaan, seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan.

Sistem keamanan komputer merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengamankan kinerja dan proses komputer. Penerapan computer security dalam kehidupan sehari-hari berguna sebagai penjaga sumber daya sistem agar tidak digunakan, modifikasi, interupsi, dan diganggu oleh orang yang tidak berwenang. Keamanan bisa diindentifikasikan dalam masalah teknis, manajerial, legalitas, dan politis. Computer security akan membahas 2 hal penting yaitu Ancaman/Threats dan Kelemahan sistem/vulnerability.

Keamanan computer meliputi delapan aspek, antara lain:

Authentication,
penerima informasi dapat memastikan keaslian pesan, bahwa pesan itu datang dari orang yang dimintai informasi. Dengan kata lain, informasi itu benar-benar datang dari orang yang dikehendaki.
Integrity, keaslian
pesan yang dikirim melalui jaringan dan dapat dipastikan bahwa informasi yang dikirim tidak dimodifikasi orang yang tidak berhak.
Non-repudiation,
merupakan hal yang berhubungan dengan si pengirim. Pengirim tidak dapat mengelak bahwa dialah yang mengirim informasi tersebut.
Authority,
informasi yang berada pada sistem jaringan tidak dapat dimodifikasi oleh pihak yang tidak berhak untuk mengaksesnya.
Confidentiality
merupakan usaha untuk menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses. Kerahasiaan ini biasanya berhubungan dengan informasi yang diberikan ke pihak lain.
Privacy,
lebih ke arah data-data yang bersifat pribadi
Availability,
aspek availabilitas berhubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan. Sistem informasi yang diserang atau dijebol dapat menghambat atau meniadakan akses ke informasi.
Access control
Berhubungan dengan cara pengaturan akses ke informasi. Hal Ini biasanya berhubungan dengan masalah otentikasi dan privasi. Kontrol akses seringkali dilakukan dengan menggunakan kombinasi user id dan password ataupun dengan mekanisme lain.

Ancaman Keamanan Komputer

Model penyerangan computer menurut Stallings, terdiri dari:
a. Interruption:
Perangkat sistem menjadi rusak atau tidak tersedia. Serangan ditujukan kepada ketersediaan (Availability) dari sistem. Contoh serangan adalah “denial of service attack”
b. Interception:
Pihak yang tidak berwenang berhasil mengakses asset atau informasi. Contoh dari serangan ini adalah penyadapan (wiretapping).
c. Modification:
Pihak yang tidak berwenang tidak saja berhasil mengakses, akan tetapi dapat juga mengubah (tamper) aset. Contoh dari serangan ini antara lain adalah mengubah isi dari web site dengan pesan-pesan yang merugikan pemilik web site.
d. Fabrication:
Pihak yang tidak berwenang menyisipkan objek palsu ke dalam sistem. Contoh dari serangan jenis ini adalah memasukkan pesan-pesan palsu seperti e-mail palsu ke dalam jaringan computer.

Baca juga :  #1 Pengantar Teknologi Informasi : Artificial Intelligence

Adapun beberapa factor lainnya seperti:
a. Social engineering
b. Security hole pada sistem operasi dan servis
c. Keamanan fisik
d. Serangan pada jaringan
e. DOS akack
f. Serangan via aplikasi berbasis web
g. Trojan, backdoor, rootkit, keylogger
h. Virus, worm
i. Anatomy of A Hack

Enkripsi

Encryption atau enkripsi adalah proses untuk membuat suatu susunan acak dari teks yang dapat dibaca oleh manusia (human-readable plaintext) menjadi teks yang tidak dapat dibaca oleh manusia dan hanya dimengerti oleh sistem saja (incomprehensible text). Teks hasil dari enkripsi disebut dengan “ciphertext”. Encryption ini memang sering digunakan untuk mengamankan data yang berupa informasi atau pesan, hal itu memiliki tujuan yaitu untuk menjaga keamanan dan mencegah pihak tidak bertanggung jawab mengetahui isi dari pesan yang kamu kirimkan. Saat pihak yang tidak bertanggung jawab berusaha untuk mengetahui isi pesanmu, mereka hanya akan melihat teks acak yang tidak dapat dimengerti.

Jenis-jenis Enkripsi:
a. Enkripsi Base64
Enkripsi ini menggunakan 6-bit encoding dengan karakter ASII tersebut. Enkripsi Base64 merupakan format yang dicetak menggunakan karakter, memungkinkan binari data yang akan dikirim dalam bentuk email dapat tersimpan di database.
b. Enkripsi RC4
Enkripsi ini merupakan salah satu jenis stream chyper, yakni memproses unit data pada satu saat. Unit data ini pada umumnya adalah sebua byte. Pengkodean data dilakukan dalam ukuran panjang yang bervariasi. Dibuat oleh Ronal Rivest pada tahun 1987, enkripsi ini didasarkan pada permutasi acak.
c. Enkripsi SHA
SHA adalah serangkaian fungsi cryptographic hash yang dirancang oleh National Security Agency milik Amerika. Terbagi ke dalam tiga jenis, yakni:

  • SHA-0,
  • SHA-1 dan SHA-2.
    SHA-2 menggunakan algoritma yang identik dengan ringkasan ukuran variabel yang terkenal sebagai SHA-224, SHA-256, SHA-384 dan SHA 512.

d. Enkripsi MD5
Adalah salah satu dari serangkaian algoritma masage digest yang didesain oleh Ronal Rivest pada tahun 1991. Jadi, enkripsi ini merupakan update dari versi sebelumnya yakni MD4. dalam kriptografi, MD5 adalah fungsi hash kriptografik yang digunakan secara luas dengan hash 128-bit. Umumnya digunakan untuk menguji integritas sebuah file.

Kejahatan Komputer

Macam-macam bentuk kejahatan computer yaitu:
a. Illegal Access / Akses Tanpa Ijin ke Sistem Komputer
Dengan sengaja dan tanpa hak melakukan akses secara tidak sah terhadap seluruh atau sebagian sistem komputer, dengan maksud untuk mendapatkan data komputer atau maksud-maksud tidak baik lainnya, atau berkaitan dengan sistem komputer yang dihubungkan dengan sistem komputer lain. Hacking merupakan salah satu dari jenis kejahatan ini yang sangat sering terjadi.
b. Illegal Contents / Konten Tidak Sah
Merupakan kejahatan dengan memasukkan data atau informasi ke internet tentang sesuatu hal yang tidak benar, tidak etis, dan dapat dianggap melanggar hukum atau mengganggu ketertiban umum.
c. Data Forgery / Pemalsuan Data
Merupakan kejahatan dengan memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang tersimpan sebagai scriptless document melalui internet. Kejahatan ini biasanya ditujukan pada dokumen-dokumen e-commerce dengan membuat seolah-olah terjadi salah ketik yang pada akhirnya akan menguntungkan pelaku.
d. Spionase Cyber / Mata-mata
Merupakan kejahatan yang memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain, dengan memasuki sistem jaringan komputer (computer network system) pihak sasaran. Kejahatan ini biasanya ditujukan terhadap saingan bisnis yang dokumen ataupun data-data pentingnya tersimpan dalam suatu sistem yang computerized.
e. Data Theft/ Mencuri Data Kegiatan
memperoleh data komputer secara tidak sah, baik untuk digunakan sendiri ataupun untuk diberikan kepada orang lain. Identity theft merupakan salah satu dari jenis kejahatan ini yang sering diikuti dengan kejahatan penipuan (fraud). Kejahatan ini juga sering diikuti dengan kejahatan data leakage.
f. Misuse of devices/ Menyalahgunakan Peralatan Komputer
Dengan sengaja dan tanpa hak, memproduksi, menjual, berusaha memperoleh untuk digunakan, diimpor, diedarkan atau cara lain untuk kepentingan itu, peralatan, termasuk program komputer, password komputer, kode akses, atau data semacam itu, sehingga seluruh atau sebagian sistem komputer dapat diakses dengan tujuan digunakan untuk melakukan akses tidak sah, intersepsi tidak sah, mengganggu data atau sistem komputer, atau melakukan perbuatan-perbuatan melawan hukum lain. Contoh kejahatan komputer : Pemalsuan kartu kredit, perjudian melalui komputer, pelanggan terhadap hak cipta, dll.