#7 Pengantar Teknologi Informasi : Pengertian, Fungsi dan Contoh Teknologi Informasi

Teknologi informasi terus berkembang pesat dan memiliki pengaruh besar dalam kehidupan manusia. Kini teknologi informasi bahkan sudah seperti asisten dalam setiap aktivitas manusia.

Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai Teknologi Informasi, mulai dari Pengertian, Fungsi, Contoh serta Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Informasi.

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi adalah setiap peralatan atau sistem atau subsistem peralatan yang saling berhubungan, digunakan dalam akuisisi, penyimpanan, manipulasi, manajemen, pergerakan, kontrol, tampilan, pengalihan, pertukaran, transmisi, atau penerimaan data atau informasi secara otomatis. Istilah ini mencakup beberapa hal, antara lain komputer, peralatan tambahan, perangkat lunak, firmware, dan prosedur serupa, layanan (termasuk layanan pendukung), serta sumber daya terkait.

Tujuan dan Fungsi Teknologi Informasi

Dilansir dari uir.ac.id, Sutarman menyebut tujuan dari teknologi informasi adalah membantu manusia dalam memecahkan masalah, membuka kreativitas, dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan.

Ada enam fungsi dari teknologi informasi, yaitu:

  • Menangkap (Capture), Teknologi informasi dapat menangkap atau menerima data masukan.
  • Mengolah (Processing), Setelah menerima data, TI juga mampu mengolah data dengan cara mengkompilasikan catatan rinci dari aktivitas, misalnya menerima data masukan dari keyboard, kamera, mikrofon dan sebagainya. Data itu kemudian diproses dalam bentuk konversi (pengubahan data ke bentuk lain), analisis, perhitungan, dan sintesis segala bentuk data dan informasi.
  • Menghasilkan (Generating), Yang dimaksud menghasilkan adalah menjadikan informasi dalam bentuk yang lebih berguna, misalnya tabel, grafik, dan laporan.
  • Menyimpan (Storage), Adanya TI membuat data dapat disimpan ke suatu media, misalnya disket, tape, CD, DVD, hard disk, flash disk, hingga cloud storage.
  • Mencari Kembali (Retrieval), TI mampu menelusuri atau mencari kembali data informasi yang sudah disimpan. Contohnya, mencari foto hanya dengan menyesuaikan wajah.
  • Transmisi (Transmission), TI memudahkan manusia dalam mengirimkan data dan informasi dari satu tempat ke tempat lain melalui jaringan komputer. Misalnya mengirimkan data melalui bluetooth atau jaringan internet.
Baca juga :  Cara Gampang Mengubah Icon Launcher Aplikasi pada Project Flutter

Kelebihan Teknologi Informasi

1. Membantu mempercepat pekerjaan manusia.

Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pekerjaan manusia akan menjadi lebih cepat dan mudah. Misalnya, proses pembuatan proposal yaysan sosial, apabila menggunakan mesin ketik, maka diperlukan waktu yang lama dan dengan keakuratan yang rendah. Lain halnya apabila dikerjakan dengan menggunakan komputer dan printer untuk mencetaknya,pekerjaan ini akan menjadi lebih cepat dan akurat untuk menyusun proposal yang akan dikerjakan.

2. Mempermudah komunikasi jarak jauh.

Sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini, proses komunikasi masih bersifat analog. Untuk mengirimkan kabar menuju keluarga yang letaknya jauh, harus menggunkan surat dengan waktu tempuh lebih dari 2 hari, dan itupun terkadang tidak sampai pada tujuan. Dengan teknologi sekarang, bisa menggunakan sms, e-mail dan lain sebagainya yang merupakan produk teknologi informasi. Dengan menggunakannya, maka jarak yang jauh bukan lagi menjadi hambatan dalam berkomunikasi, waktu tempuhpun menjadi relatif singkat dengan keakuratan yang sangat terjamin.

3. Mempermudah proses transaksi keuangan

Sebelum berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, proses transaksi keuangan dilakukan secara konvensional. Nasabah harus mendatangi Bank untuk bertransaksi, begitu pula apabila akan dilakukan trnasaksi jual beli, pihka pembeli harus bertemu dengan pihak penjual untuk kemudian bertransaksi secara langsung. Namun, sekarang ini, proses transaksi sudah bisa dilakukan melalui berbagai cara, yakni bisa melelui ATM, SMS Banking dan E-Banking. Dengan cara- cara ini, maka kedua belah pihak yang terlibat transaksi tidak harus bertemu.

4. Teknologi informasi sebagai hiburan

TIK menawarkan permainan-permainan yang dapat menghilangkan kejenuhan dan dapat menimbulkan strategi didalam berpikir.

Kekurangan Teknologi Informasi

1. Komunikasi menjadi hampa

Sebelum adanya teknologi bidang komunikasi, untuk melakukan komunikasi, haruslah bertemu antara satu pihak dengan pihak lainnya, sehingga proses komunikasi menjadi nyata dan transparan. Sekarang ini, proses komunikasi tidak harus bertatap muka, sehingga terasa kurang puas.

Baca juga :  #3 Struktur Data : Array Dimensi 1, 2 dan 3

2.Penyalahgunaan untuk pencurian keuangan

Belakangan ini muncul berita mengenai pembobolan uang nasabah, dari hal ini jelas sekali bahwa kemampuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang tidak diimbangi dengan iman yang kuat, maka seseorang dapat terjerumus dalam tindakan pencurian melalui media internet.

3. Munculnya sikap individualisme

Semakin ketergantungan manusia dengan teknologi maka jiwa soialnya berkurang mereka lebih senang menyendiri dengan teknologi daripada mengikuti kegiatan yang lebih bermanfaat atau ibadah.

4. manusia menjadi malas beraktivitas

Semakin tingginya tingkat teknologi dan informatika membuat manusia semakin jarang beraktifitas di luar ruangan dikarenakan teknologi yang bisa dikatakan untuk menggantikan aktifitas luar ruangan.
Tidak hanya malas, manusia juga jarang bersosialisasi dengan orang di sekelilingnya bahkan ada orang yang lebih memilih teknologi untuk dijadikan sebagai teman hidup.

Contoh Penerapan Teknologi Informasi di Berbagai Bidang

Di masa kini, teknologi informasi sudah diterapkan ke berbagai bidang, antara lain sektor komunikasi, ekonomi, pendidikan, hingga kesehatan. Berikut ini contoh penerapan TI di berbagai bidang:

  • Layanan SMS kini digantikan oleh WhatsApp yang lebih murah. Tak hanya teks, kini mengirim foto dan video juga semakin mudah.
  • Rapat kini tidak harus bertemu langsung, melainkan bisa menggunakan Zoom atau Google Meet.
  • Penerapan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sudah bermunculan, seperti pemanfaatan ChatGPT hingga AI Image Generator.
  • HP kini sudah berfungsi sebagai kartu debit, kartu kredit, dompet digital, dan alat pembayaran.
  • Jual beli produk bisa dilakukan secara online melalui e-commerce, TikTok, Instagram, dan sebagainya.
  • Saat pandemi COVID-19, sekolah dapat dilakukan secara online berkat kemajuan TI.
  • Materi pendidikan tak lagi mengandalkan buku pelajaran dari sekolah. Siswa bisa mencari sendiri dari internet.
  • Kemajuan teknologi memudahkan dokter dalam mendiagnosis suatu penyakit, misalnya dengan sinar X, MRI, CT Scan.
  • Pengobatan penyakit semakin canggih, misalnya kemoterapi, hemodialisis, dan sebagainya.
  • Prediksi Teknologi Informasi di Masa Depan
  • Kemajuan teknologi hari ini diyakini masih akan terus berkembang pesat dalam beberapa tahun mendatang.
Baca juga :  #1 Pengantar Teknologi Informasi : Artificial Intelligence

Berikut ini beberapa prediksi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di masa depan yang dilansir dari Bigscal:

1. Kemajuan AI
Kecerdasan buatan (AI) sudah digunakan saat ini untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Di masa depan, AI akan semakin maju hingga dapat digunakan untuk mengambil keputusan. AI dapat mengetahui personalisasi klien bisnis, meningkatkan keamanan siber. Banyak bidang yang akan mengalami otomatisasi atau dikendalikan oleh robot.

2. Perluasan Internet of Things
Internet of Things (IoT) mencakup jaringan gadget, sensor, dan sistem yang mengumpulkan dan berbagi data. IoT sudah berdampak besar dalam kehidupan. Semua benda akan terhubung dengan internet di masa datang, seperti mobil dan rumah sehingga lebih aman dari pencurian atau kebakaran.

3. Teknologi 5G Meluas
Teknologi 5G sudah dapat dimanfaatkan saat ini, tetapi masih belum luas. Dalam beberapa tahun ke depan, 5G membuat internet semakin cepat dan memungkinkan melakukan berbagai inovasi, seperti virtual reality.

4. Virtual dan Augmented Reality Semakin Umum
Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) akan semakin umum digunakan di masa datang. Misalnya teknologi semacam Metaverse kini belum bisa dimanfaatkan semua orang, tetapi mungkin nanti orang sudah umum menggunakannya. Orang-orang bertemu secara digital dalam bentuk seperti nyata.

5. Teknologi Blockchain Makin Luas
Teknologi blockchain sudah dikenal di masa sekarang, misalnya dalam mata uang kripto atau bitcoin. Teknologi ini akan semakin luas digunakan dalam berbagai hal. Keunggulannya adalah sistem sederhana, aman, terbuka, dan data tidak dapat dihilangkan.

6. Kendaraan Otonom
Selain kendaraan listrik, kendaraan otonom diprediksi akan semakin berkembang. Kendaraan otonom adalah kendaraan tanpa pengemudi. Kendaraan ini diyakini mampu mengurangi kecelakaan akibat kesalahan manusia.

7. Drone
Drone atau pesawat tanpa awak kini sudah banyak dimanfaatkan. Di masa depan, penggunaan drone akan semakin banyak, terutama untuk transportasi dan operasi militer.

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap mengenai teknologi informasi (TI), mulai dari pengertian, tujuan dan fungsi, kelebihan dan kekurangan, contoh pemanfaatan di masa kini, serta prediksi perkembangan di masa depan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *