Bagaimana Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus?

Token listrik adalah kumpulan angka 20 digit yang dimasukkan ke KWH meter atau meteran listrik prabayar agar bisa menggunakan layanan listrik. Token listrik dapat dibeli di loket PLN, e-commerce, minimarket, konter pulsa, dll. Bagi sebagian orang, pembayaran listrik melalui pembelian token dinilai lebih mudah dan nyaman.

Menurut situs resmi PLN, pelanggan bisa mengisi token listrik mulai dari Rp. 20.000, kemudian Rp. 50.000, Rp. 100.000, Rp. 250.000, Rp. 500.000 hingga Rp. 1.000.000.

Dengan sistem listrik prabayar, kita bisa mengontrol penggunaan dan pembayaran listrik. Selain itu, kita tidak akan mendapatkan tagihan bulanan atau denda keterlambatan pembayaran tagihan.

Namun, bukan berarti menggunakan sistem prabayar atau token listrik benar-benar tanpa hambatan. Salah satu hambatan yang mungkin dialami yaitu token listrik gagal diinput ke meteran.

Di postingan kali ini kita akan membahas cara mengatasi token listrik gagal terus.

Kenapa Token Listrik Gagal Masuk?

Beberapa pengguna listrik dengan sistem token mungkin pernah mendapatkan notifikasi gagal memasukkan token listrik. Lantas apa saja penyebab token listrik gagal dimasukkan? Berikut jawabannya!

1. Server PLN error

Penyebab pertama token listrik gagal yaitu karena gangguan pada server utama PLN. Jika demikian maka kamu hanya bisa menunggu sampai perbaikan server PLN berhasil dan normal kembali. Setelah server berjalan normal silahkan coba masukkan kembali token listrik tersebut. Pastikan ID pelanggan yang kamu masukkan saat membeli sudah benar. Pasalnya jika salah dalam order dan hal itu dinyatakan valid oleh server maka kemungkinan token tidak akan bisa digunakan.

Baca juga :  Cara Menghemat Listrik PLN yang Bisa Dilakukan di Rumah

2. Salah memasukkan nomor token listrik berkali-kali hingga terblokir

Setelah menerima nomor token listrik, pastikan masukkan kode tersebut dengan hati-hati. Sebab jika token yang dimasukkan salah hingga tiga kali maka meteran terblokir otomatis. Kalau sudah terblokir kamu harus menghubungi PLN agar segera diatasi.

3. KwH over limit

Pengisian token listrik memiliki batasan dalam satu bulan. Apabila dalam satu bulan KwH yang dimasukkan melebihi batas maksimal maka token listrik gagal dimasukkan.

4. Meteran listrik bermasalah

Meteran listrik yang error bisa dilihat dari tulisan atau ikon yang muncul di layar. Jika terdapat tulisan Blocked, ikon telapak tangan, atau bahkan mati, maka silahkan hubungi PLN karena jika dibiarkan kamu tak akan bisa memasukkan token tersebut.

5. Instalasi listrik buruk

Selanjutnya yaitu pemasangan instalasi listrik yang tidak tepat. Kondisi ini bisa membuat kamu gagal dalam memasukkan token listrik bahkan bisa berisiko terjadi korsleting listrik hingga kebakaran. Apabila instalasi listrik buruk sebaiknya cepat-cepat hubungi pihak PLN agar segera ditangani.

Bagaimana Cara Mengatasi Token Listrik Gagal?

Token listrik gagal diinput memang merupakan sebuah masalah yang terkadang membuat jengkel. Namun, langkah pertama untuk mengatasinya adalah dengan tetap tenang. Menurut Carlson (2020: 343) dalam buku Mengatasi Masalah Besar dalam Hidup, ketika tidak tenang dalam menghadapi masalah, seseorang akan kehilangan arah dan emosi. Oleh sebab itu, ketenangan diperlukan untuk dapat berpikir jernih ketika mengatasi masalah. Ketika token gagal masuk, Anda dapat melakukan cara mengatasi token listrik gagal input berikut ini.

  1. Tekan 00 + enter pada meteran listrik, tujuannya untuk me-reset meteran apabila terdapat kesalahan pada input sebelumnya.
  2. Tunggu beberapa saat hingga meteran selesai mereset.
  3. Setelah selesai, masukkan kembali nomor token PLN ke meteran. Periksa kembali digit angka token yang dimasukkan ke meteran sudah sesuai dengan yang kamu beli.
  4. Jika dua kali dicoba dan dicek masih juga gagal input token listrik, Anda perlu menghubungi Contact Center PLN ke nomor 123 atau (kode area) 123.
  5. Sedangkan jika pengisian berhasil maka token akan langsung masuk.
Baca juga :  Mobil Listrik Wuling Binggo, Harga 120 Jutaan yang Laris Manis

Untuk menghindari bermasalahnya proses beli atau input token listrik, berikut tips yang dapat Anda ikuti.

  • Beli token listrik di-merchant terpercaya. Misalnya, di aplikasi dompet digital yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), e-commerce, atau melalui bank (ATM/Mobile Banking). Hal ini penting dilakukan sebab apabila ada masalah akan lebih mudah diatasi dengan bukti pembelian yang jelas.
  • Beli dan isi token listrik sebelum pukul 23:00 atau sesudah pukul 01:00. Hal ini penting untuk diperhatikan untuk menghindari “error” atau gagal dalam pembelian token.

Batas Pembelian Token Listrik Jam Berapa?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pembelian token listrik bisa dilakukan melalui berbagai metode. Khusus lewat PLN Mobile, pembelian token listrik berlaku 24 jam dan tanpa biaya administrasi. Namun jika membelinya lewat e-commerce, ATM, ataupun minimarket maka dikenakan biaya admin sekitar Rp1000 hingga Rp3.000. Sementara itu berdasarkan informasi yang ada pada laman pembelian token listrik PLN di berbagai e-commerce, Anda tidak dapat melakukan pembelian dan pengisian token listrik pada pukul 23.00-01.00 WIB. Hal itu karena pada jam tersebut PLN sedang melakukan pemeliharaan sistem. Sehingga seluruh transaksi dihentikan sementara dan baru bisa diproses setelah pukul 01.00 WIB. Dengan demikain sebaiknya pengisian token listrik di dilakukan selain pukul 23.00-01.00 WIB.

Cara Mengecek Token Listrik Sudah Masuk Apa Belum

Cara mengecek token listrik sudah masuk atau belum sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Pasalnya setelah berhasil memasukkan token ke meteran langsung muncul tulisan Sukses lalu nominal token otomatis bertambah. Namun bagi yang belum paham berikut tutorialnya

  1. Masukkan 20 kode token, pastikan angkanya sudah benar, jika salah silahkan hapus dengan menekan ikon panah
  2. Setelah kode token sudah sesuai silahkan tekan Enter
  3. Kemudian akan muncul di layar tulisan Sukses yang artinya kWh sudah ditambahkan ke meteran
  4. Silahkan cek di bagian kanan layar sisa token listrik kamu
Baca juga :  Daftar Tarif Listrik per KWH Terbaru 2022

Selain melalui cara di atas, bagi kamu yang malas untuk mengecek sisa token listrik berulang kali, maka silahkan cek secara online melalui website ataupun aplikasi PLN Mobile, berikut langkahnya:

Cek sisa token melalui website PLN atau PLN Mobile

  1. Buka situs PLN atau Aplikasi PLN Mobile
  2. Klik buat akun lalu isi semua data diri dengan lengkap dan benar hingga akun kamu terverifikasi
  3. Setelah terdaftar dan terverifikasi, login menggunakan email dan password yang sudah kamu daftarkan tadi, lalu pilih Masuk
  4. Setelah mendaftar Anda bisa cek sisa token listrik dengan menekan menu Pelanggan lalu klik Tagihan dan Token Listrik
  5. Selesai, muncul detail informasi sisa token listrik kamu

Demikian ulasan mengenai penyebab token listrik gagal input dan cara mengatasinya. Semoga bisa membantu Anda dalam mengatasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *