#8 Pengantar Teknologi Informasi : Arsitektur Komputer

Definisi Arsitektur Komputer

Menurut Barany Fachri dan kawan-kawan dalam buku Arsitektur dan Organisasi Komputer (2020), arsitektur komputer adalah konsep perencanaan serta struktur pengoperasian dasar dari sebuah sistem komputer.

Arsitektur komputer juga dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang cara menghubungkan berbagai komponen perangkat keras, hingga terbentuklah sebuah komputer.

CPU

CPU atau Central Processing Unit adalah bagian terpenting dari sebuah komputer yang bertanggung jawab untuk menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer. CPU merupakan otak dari komputer yang bertanggung jawab untuk mengolah data dan menjalankan program-program yang diperintahkan oleh pengguna.

Secara umum, CPU bertanggung jawab untuk mengontrol dan mengolah data yang masuk ke dalam komputer, serta menjalankan program-program yang diperintahkan oleh pengguna. Dengan adanya CPU, komputer dapat bekerja sesuai dengan instruksi yang diberikan kepadanya.

Control Unit

Control unit merupakan komponen pada pada processor atau CPU yg menangani seluruh kontrol sinyal pada prosesor dalam artian mengarahkan seluruh sirkulasi data dari input maupun hasil untuk merogoh kode instruksi asal program dan mengarahkan unit-unit lain dengan menyediakan kontrol serta frekuensi pewaktuan/timing.

Hampir semua operasi yang dilakukan oleh prosesor ikut diproses pula oleh control unit untuk memastikan bahwa semua instruksi yang dijalankan itu bernilai benar. Caranya adalah control unit mengambil input-an dari instruksi dan status dari register aturan operasi dari CPU atau micro program di dalam program logika atau read only memory (ROM).

ALU

Arithmetic Logic Unit adalah bagian dari processor yang menjalankan operasi aritmatika dan logika pada operand dalam kata-kata instruksi komputer .

Pada beberapa processor, ALU dibagi menjadi dua unit: Unit Aritmatika (AU) dan Unit Logika (LU). Beberapa processor berisi lebih dari satu AU misalnya, satu untuk operasi fix dan satu lagi untuk operasi float.

Baca juga :  #2 Struktur Data : Tipe Data

Operasi pada ALU

Berikut adalah beberapa contoh operasi logika bitwise dan operasi aritmatika dasar yang didukung oleh ALU:

  1. Penjumlahan. Penjumlahan A dan B dengan jumlah carry-in atau carry-out di Y.
  2. Pengurangan. Pengurangan B dari A atau sebaliknya dengan selisih di Y dan carry-in atau carry-out .
  3. Increment. Dimana A atau B bertambah satu dan Y mewakili nilai baru.
  4. Decrement. Dimana A atau B dikurangi satu dan Y mewakili nilai baru.
  5. AND. Logika bitwise AND dari A dan B diwakili oleh Y.
  6. OR. Logika bitwise OR dari A dan B diwakili oleh Y.
  7. Ex-OR. Logika bitwise XOR dari A dan B diwakili oleh Y.

Jenis-jenis Processor

  • Intel

Jenis prosesor yang dikembangkan oleh Intel Corporation ini memiliki berbagai kelebihan. Salah satunya tahan panas dibandingkan jenis prosesor lainnya. Selain itu, prosesor Intel menghadirkan fitur Turbo Boost yang mempercepat pemrosesan data. Fitur tersebut terdapat pada Intel core i3, core i5, dan core i7.

  • Advanced Micro Devices (AMD)

AMD merupakan jenis prosesor yang terkenal di kalangan pemain gim. Prosesor yang digadang-gadang sebagai kompetitor Intel ini kerap digunakan untuk bermain gim karena memiliki daya yang baik dalam memproses grafis. Meski begitu, prosesor AMD mengonsumsi lebih banyak daya listrik dibandingkan Intel.

  • Advanced RISC Machine (ARM)

Prosesor ini digunakan pada perangkat di luar komputer maupun laptop, seperti ponsel, ruter, dan pemutar musik. Adapun kelebihan dari ARM di antaranya menggunakan sistem waktu nyata (real-time), menjamin keamanan aplikasi, dan berupa aplikasi platform.

  • Transmeta

Jenis prosesor ini memiliki kelebihan karena konsumsi daya listriknya yang rendah dibandingkan jenis prosesor lain. Selain itu, Transmeta cenderung tahan panas meski digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sayangnya, perusahaan pengembang prosesor ini berhenti beroperasi.

  • Prosesor Apple

System on chip (SoC) pad prosesor Apple mengintegrasikan CPU, GPU, Neural Engine, I/O dalam sebuah chip dengan performa luar biasa, teknologi khusus, dan efisiensi daya.

  • Cyrix
Baca juga :  #5 Pengantar Teknologi Informasi : Jaringan Komputer dan Komunikasi Data

Jenis prosesor ini memiliki kelebihan berupa kecepatan pemrosesan data yang optimal dibandingkan dua prosesor raksasa, yakni Intel dan AMD. Meski demikian, kualitas Cyrix masih berada di bawah prosesor Intel dan AMD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *