Tutorial DFPLAYER MINI MP3-TF-16P MP3 Player Mode Standalone dan Mode ADKEY

DFPlayer atau MP3-TF-16P merupakan modul elektronika pemutar file audio / musik / suara dengan format file MP3. Format ini sudah tidak asing lagi, sehingga akan memudahkan kita memainkan file suara mp3 dengan menggunakan modul ini. Ukuran dimensi modul DFPlayer mini ini berbentuk persegi dengan ukuran 21mm x 21 mm. Jumlah kakinya memiliki total 16 pin, namun modul ini memiliki 2 pin ADKEY yang memiliki 20 fungsi.

Spesifikasi DFPlayer Mini MP3-TF-16P

Specification :

  • Mendukung sampling rates (kHz): 8/11.025/12/16/22.05/24/32/44.1/48
  • Memiliki 24 -bit DAC output, support for dynamic range 90dB , SNR support 85dB
  • Mendukung format FAT16 , FAT32 file system, namun hanya bisa membaca TF-Card maksimal 32GB, USB Flash Disk 32GB of U disk, NORFLASH 64M bytes
  • Memiliki beberapa mode kontrol, I/O control mode, serial mode, AD button control mode
  • advertising sound waiting function, the music can be suspended. when advertising is over in the music continue to play
  • audio data sorted by folder,
  • Mendukung sampai 100 folders, namun setiap folder hanya bisa maksimal 255 lagu
  • 30 level adjustable volume, 6 -level EQ adjustable

Pengaplikasian DFPlayer Mini MP3-TF-16P

Kita dapat mengaplikasikan modul DFPlayer Mini MP3-TF-16P ini untuk membuat project :

  • Suara Antrian seperti di Bank, Loket, Kasir, dll
  • Suara Petunjuk seperti pada GPS,
  • Pengumuman di fasilitas publik seperti di Stasiun, terminal, dll
  • Suara di Tiket Parkir Otomatis,
  • Alarm Suara,
  • dan masih banyak lagi.
Baca juga :  Belajar Arduino – Shield Multifungsi : Menggunakan Potensiometer Untuk Menyalakan Lampu LED

Pinout DFPlayer Mini MP3-TF-16P

DFPlayer Mini MP3-TF-16P ini sudah memiliki built-in amplifier, sehingga kita bisa menghubungkan speaker secara langsung ke pin SPK_1 dan SPK_2, namun dengan ukuran speaker maksimal 1 Watt. Apabila ingin suara yang lebih keras bisa juga menghubungkan DFPlayer Mini / MP3-TF-16P dengan Power Amplifier, pin DAC_L dihubungkan dengan channel audio kiri dan pin DAC_R dihubungkan dengan channel audio kanan pada Power Amplifier.

Kita juga dapat mengontrol Modul DFplayer Mini / MP3-TF-16P ini dengan mikrokontroler seperti arduino melalui komunikasi serial. Namun dalam tutorial ini saya akan menggunakan modul ini tanpa mikrokontroler alias berdiri sendiri (standalone) tanpa menggunakan kontrol tambahan. Berikut adalah 16 pinout  dari DFPlayer Mini / MP3-TF-16P ini :

Skema Rangkaian DFPlayer Mini MP3-TF-16P Mode Standalone

Untuk memainkan file mp3 dengan modul ini kita hanya memerlukan rangkaian sederhana, yaitu dengan hanya membutuhkan 1 speaker mini 1 watt 8 ohm dan 2 buah push button serta power supply 5 VDC. Untuk mengontrol modul DFPlayer Mini MP3-TF-16P ini dengan cara menghubungkan tombol push button dengan pin I/O 1 dan pin I/O 2. Ketika kita menekan tombol secara cepat atau sesaat berfungsi sebagai next ataupun previous dan ketika menekan tombol dengan cara hold atau menekan lama berfungsi sebagai sebagai volume (+) atau volume (-). Di bawah ini adalah rangkaiannya :

Alat dan Bahan yang dibutuhkan

Untuk melakukan project pembuatan DFPlayer Mini / MP3-TF-16P secara standalone ini membutuhkan komponen lain, sehingga kita perlu mempersiapkan beberapa alat dan bahan, seperti :

  • DFPlayer Mini / MP3-TF-16P
  • Speaker 8 Ohm 0,5Watt
  • Bread Board 
  • Kabel Jumper
  • Power Supply 5V
  • Push Button
  • Memory MicroSD 1-16GB (Format FAT atau FAT32)
  • File mp3 (musik, suara, dsb) kita harus memberi nama dengan nama 0001, 0002, 0003, dan seterusnya, kemudian masukkan ke dalam folder bernama “mp3” (tanpa tanda kutip).
Baca juga :  Belajar Arduino - Shield Multifungsi : Lampu LED

Merangkai DFPlayer Mini MP3-TF-16P

Setelah semua komponen dirangkai dan dihubungkan, pastikan kembali sambungannya harus sesuai dengan skema rangkaian DFPlayer Mini / MP3-TF-16P secara standalone. Ketika pertama kali menyalakan DFPlayer Mini / MP3-TF-16P berada dalam keadaan stanby menunggu perintah yang masuk pada pin I/O1 dan  I/O2 melalui tombol push Button. Jika kita menekan tombol Push Button yang terhubung dengan I/O1 secara cepat (sesaat) maka file mp3 akan play dalam hal ini I/O1 berfungsi sebagai perintah NEXT sedangkan jika kita tekan tombol Push Button yang terhubung pada I/O2 secara sesaat maka hal itu berfungsi sebagai perintah PREVIOUS. Namun apabila kita tekan lama (Hold) tombol Push Button I/O1 berfungsi sebagai perintah Volume + (suara semakin keras). Apabila kita menekan lama (Hold) tombol Push Button I/O2 berfungsi sebagai Volume – (suara semakin pelan). Pada saat modul DFPlayer Mini / MP3-TF-16P berada dalam keadaan stanby, LED pada module tidak menyala, tetapi ketika file mp3 sudah main baru akan menyala.

Skema Rangkaian DFPlayer Mini MP3-TF-16P Mode ADKEY (Analog to Digital Key)

Jika I/O Mode hanya bisa memberikan perintah sederhana maka  pada mode ini kita dapat menggunakan 20 perintah dengan 20 pushbutton yang berbeda melalui ADC pada PIN ADKEY_1 dan ADKEY_2, berikut adalah rangkaian ADC-nya dan keterangan perintahnya :

Tutorial selanjutnya akan menjelaskan bagaimana caranya menjalankan modul DFPlayer Mini / MP3-TF-16P dengan kontrol perintah dari mikrokontroler arduino. Untuk melihat tutorialnya silahkan klik Tutorial DFPlayer Mini MP3 dengan Arduino.

2 thoughts on “Tutorial DFPLAYER MINI MP3-TF-16P MP3 Player Mode Standalone dan Mode ADKEY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *